Disaksikan Bupati Rohil H Suyatno serta pejabat dari Dumai dan Bengkalis, Gubri Arsyadjuliandirahman menandatangani dimulainya SPAM Durolis. (int)

SISTEM Pengelolaan Air Minum (SPAM) Regional Durolis (Dumai, Rohil, Bengkalis) merupakan upaya mempermudah masyarakat memperoleh air minum dan air baku di lintas kabupaten, kota, yang menaungi Kabupaten Rohil, Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

Pembangunan SPAM Regional Durolis ini direncanakan memiliki kapasitas sebesar 1.600 liter/detik yang terbagi dalam tiga tahap. Tahap I sebesar 400 liter/detik ini dimulai pembangunannya pada TA. 2017 dan akan melayani Kabupaten Rokan Hilir tahap pertama (Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang, Bangko Pusako). Sementara untuk Kota Dumai serta Kabupaten Bengkalis (Mandau, Pinggir) dengan masing-masing jumlah sambungan rumah (SR) yang akan terbangun di Dumai 15.000 SR, Rokan Hilir 10.000 SR, Bengkalis 15.000 SR. dengan bahan baku yang bersumber dari Sungai Rokan yang telah teruji kelayakannya untuk digunakan sebagai air minum.

Disaksikan Bupati Rohil H Suyatno serta pejabat dari Dumai dan Bengkalis, Gubri Arsyadjuliandirahman menandatangani dimulainya SPAM Durolis

Tahap I ini akan menelan biaya kurang lebih Rp800 miliar yang didanai bersama APBN, APBD Provinsi dan APBD kabupaten/kota masing masing.

Pembangunan SPAM Regional Durolis ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman di Jalan Iku, Kepenghuluan Melayu Besar, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

Direktur Pengembangan Sumber Daya Air, Ir Muhammad Sundoro menjelaskan, SPAM Regional Durolis ini nantinya akan memiliki kapasitas 1.600 liter per detik di bagi menjadi tiga tahap. Tahap satu 400 liter per detik akan dimulai pada Tahun Anggaran 2017 yang melayani 6 Kecamatan di Kota Dumai, yakni Dumai Kota, Dumai Barat, Dumai Timur dan Dumai Selatan.

Kabupaten Rohil ada tiga, diantaranya Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang dan Bangko Pusako. Sedangkan Kabupaten Bengkalis berada di Kecamatan Mandau dan Pinggir.

Dengan rincian sambungan rumah (SR), Kota Dumai 1500 rumah, Rokan Hilir 10.000 rumah, dan Kabupaten Bengkalis 15.000 rumah. Sumber air akan diambil dari aliran air Sungai Rokan di Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

Dalam sambutanya, Bupati Rokan Hilir H. Suyatno mengemukakan penamaan SPAM yang telah ditetapkan pemerintah provinsi dengan nama SPAM DUROLIS (Dumai,Rohil,Bengkalis) agar diganti menjadi RODULIS yg bermakna Rokan Hilir, Dumai dan Bengkalis. Mengingat penempatan SPAM terletak di Kabupaten Rokan Hilir, dan hal ini merupakan saran dari para anggota DPRD Provinsi Riau Daerah pemilihan Rokan Hilir, DPRD Rohil serta para tokoh masyarakat. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here