Pemkab dan DPRD Sepakat Perhatikan Mutu Pendidikan di Rohil

0
606
Bupati H Suyatno serahkan bantuan untuk guru, beberapa waktu lalu. (int)

PEMERINTAH Kabupaten Rokan Hilir dan legislatif sepakat untuk tetap memberikan perhatian lebih pada dunia pendidikan meskipun kondisi keuangan pemkab dalam kondisi kurang baik.

“Anggaran untuk dinas pendidikan kita upayakan semaksimal mungkin meskipun keadaan saat ini agak sulit, sebagai komitmen pemerintah untuk memperhatikan bidang pendidikan yang ada agar menjadi lebih baik lagi,” kata Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno, AMp.

Sejauh ini pemkab telah banyak membangun dan membenahi sekolah-sekolah yang ada di kecamatan. Bahkan, setiap tahunnya Pemkab Rohil melalui dinas pendidikan (Disdik) menyekolahkan siswa yang berprestasi di berbagai perguruan ternama di negeri ini.

“Salah satu upaya kita untuk meningkatkan mutu pendidikan dinegeri ini dengan membangun dan membenahi sekolah-sekolah yang ada. selain itu, kita juga menyekolahkan siswa yang memiliki prestasi kebeberapa perguruan tinggi dengan dibiayai oleh pemerintah. Mengenai adanya beberapa sekolah yang rusak atau terbengkalai pembangunannya itu kebanyakan berstatus sekolah swasta. Kalau sekolah yang statusnya sudah negeri itu saya rasa sudah bagus semua,” ungkap bupati belum lama ini.

Bupati H Suyatno serahkan bantuan untuk para guru di Kabupaten Rohil
Kemauan untuk membenahi sektor pendidikan di Rohil memang tak mudah. Hal ini mengingat terus bertambahnya jumlah sekolah dan siswa yang tentu saja butuh makin banyak dana.

Sebagai gambaran, jumlah sekolah di kabupaten Rokan Hilir mengalami pertambahan setiap tahunnya. Dalam tahun ajaran 2015/2016 di Kabupaten Rokan Hilir terdapat 866 sekolah, terdiri dari 181 Taman Kanak-Kanak, 419 Sekolah Dasar, 206 SLTP dan 60 SMU. Dari jumlah itu diketahui sebagian besar sekolah berstatus sekolah negeri yaitu sejumlah 390 (39,18 persen), yang terdiri dari 16 TK, 277 SDN, 65 SLTPN, serta 32 SLTA Negeri. Sedangkan sekolah dengan status swasta terdiri dari 165 TK, 142 SD, 141 SLTP dan 28 SMU.

Kepala Dinas Pendidikan Rohil H Wan Rusli Syarif menegaskan Pemkab Rohil telah memberikan perhatian tinggi pada bidang pendididikan yang dibuktikan dengan banyaknya anggaran untuk membiayai proyek penunjang pendidikan.

“Pemkab telah mendukung pendidikan dengan sangat baik,” katanya. Meski begitu Ia juga menyebutkan sejumlah hal masih perlu ditingkatkan seperti program manajemen peningkatan mutu barbasis sekolah (MPMBS), proyek perpustakaan, bantuan meningkatkan manajemen mutu (BOMM), proyek bantuan imbal Swadaya (BIS), proyek pengadaan buku paket, proyek peningkatan mutu guru, Dana Bantuan Langsung (DBL), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), bantuan Khusus Murid (BKM).

“Dan itu kalau semuanya itu tidak sesuai dengan penempatan guru pendidiknya, maka program itu tidak akan pernah berhasil,” kata dia. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here