Pembangunan Pelabuhan di Batu Enam Diharapkan Segera Rampung

0
35

PERANAN penting pelabuhan di daerah pesisir semacam Rokan Hilir tak luput dari perhatian pemkab.  Untuk itu tak berlebihan kiranya jika pemkab berharap proses pembangunan pelabuhan di Jalan Lingkar, Batu Enam, Bagansiapiapi, bisa segera rampung.

“Saya sudah kesekian kalinya melakukan peninjauan pembangunan pelabuhan ini, tentunya pemerintah daerah menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Perhubungan RI yang peduli terhadap pembangunan pelabuhaiharapkan n yang berada di daerah pesisir Provinsi Riau ini,” kata Bupati H Suyatno saat  meninjau perkembangan lanjutan pembangunan pelabuhan Bagansiapiapi, berlokasi di Jalan Lingkar, Batu Enam, Bagansiapiapi, belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, pembangunan pelabuhan tersebut sempat mangkrak diakibatkan tidak adanya sertifikat lahan. Persoalan sertifikat selesai, Pemerintah akhirnya melanjutkan kembali pembangunan pelabuhan umum di Batu Enam ini sejalan dengan dikucurkannya anggaran melalui Kementerian Perhubungan sebesar Rp20,7 milyar dan ditambah lagi Rp7,9  untuk pembangunan pelabuhan padatahun 2019.

Bupati H Suyatno meninjau pembangunan pelabuhan internasional Bagansiapiapi

Didampingi Sekda Surya Arfan dan sejumlah pejabat terkait, bupati mengatakan rasa syukur atas kelanjutan pembangunan pelabuhan pengganti pelabuhan lama yang dilakukan oleh kementerian terkait.

Sedikit menoleh ke belakang, bupati menjelaskan bahwa keberadaan Rohil yang begitu strategis dan berbatasan langsung dengan Selat Malaka merupakan salah satu pertimbangan kementerian dalam memberikan perhatian terutama dalam pembangunan pelabuhan.

“Apalagi saat ini kita juga tidak memiliki pelabuhan lagi, dan inilah pengganti-pengganti pelabuhan yang ada,” ujarnya.

Dermaga pelabuhan yang pembangunannya bakal segera dirampungkan. (int

Anggaran pembangunan pelabuhan yang sempat terkendala pada tahun 2017 dikarenakan pemda belum melepaskan lokasi pembangunan pelabuhan kepada pihak kementerian dalam bentuk sertifikat ini keseluruhannya berasal dari APBN.

“Namun kita berupaya melakukan pendekatan dengan pihak BPN dan akhirnya sudah ada sertifikatnya dan telah kita serahkan ke pihak kementerian, dan untuk melanjutkan pembangunan, tahun 2018 kita mendapat anggaran sekitar Rp 20 miliar,” jelas bupati.

Untuk tahun 2019 mendatang, pembangunan  pelabuhan akan mendapat tambahan anggaran lagi untuk pembangunan fisik berupa terminal dan kantor serta parkir.  “Saya pikir ini satu peningkatan perhatian penuh terhadap Rohil karena kita berada di daerah pesisir,” kata bupati.

Suyatno berharap seluruh rangkaian pembangunan pelabuhan dapat rampung pada tahun 2019, karena menurutnya, jika pembangunan pelabuhan telah selesai tentunya dapat digunakan untuk kepentingan umum yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Dengan dibangunnya pelabuhan ini tentunya dapat mendongkrak ekonomi masyarakat serta menjadi satu penyumbang pendapatan asli daerah,” harapnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here