KPU Riau Verifikasi Faktual DPW Partai Perindo Riau

0
97

PEKANBARU (bidikberita.com) – Tim rombongan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau bersama Bawaslu, Selasa (19/12/2017), mendatangi kantor DPW Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Riau di Jalan Brobudur No 1 guna melakukan verifikasi faktual partai .

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Riau Partai Perindo Ahmi Septari menyebutkan proses verifikasi faktual oleh KPU Riau berjalan lancar, apa yang dipersyaratkan sudah disampaikan dan diterima tim Komisioner yang datang.

“Apa-apa yang diisyaratkan oleh KPU Riau telah dapat kami penuhi semua, baik SK, keterwakilan wanita, juga masalah kantor,” ucap Ahmi Septari dalam rilisnya,Selasa (19/12/2017).

Kembali Ahmi menjelaskan, DPW Partai Perindo Riau dalam rapat pleno telah melengkapi syarat lainnya termasuk pernyataan dari anggota partai. Di samping itu, dirinya selaku Ketua dan dibantu pengurus sudah sejak lama mempersiapkan diri dari awal berdiri di Riau untuk ikut dalam pesta demokrasi. Pihaknya sudah menuruti serta menjalankan semua prosedur yang ditentukan KPU secara nasional maupun daerah.

Pada kesempatan yang sama Komisioner KPU Riau, Ilham M Yasir, menjelaskan,”Hari ini proses verifikasi di Kantor DPW Partai Perindo Riau berjalan lancar, kami hanya mencocokkan benar tidak dokumen yang sudah didaftarkan oleh DPP-nya sama dengan yang ada di DPW-nya, proses ini dilakukan sehubungan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik calon peserta Pemilu 2019,” kata Ilham M Yasir.

Tidak itu saja, sambung Ahmi, pihaknya juga mencocokkan kepengurusan partai, ketercukupan 30 persen kuota perempuan dan juga surat keterangan domisili kantor.

“Itu semua untuk verifikasi faktual tingkat provinsi. Sedangkan yang dilakukan KPU kabupaten/kota berbeda, yakni mereka selain memeriksa kepengurusan juga mengecek keanggotaan partai, ” terangnya.

Setelah pelaksanaan verifikasi faktual ia menambahkan proses selanjutnya, KPU Riau akan menyampaikan hasil. Jika partai tersebut masih belum memenuhi syarat, maka akan diberi waktu untuk memenuhinya.

Jika sudah memenuhi syarat maka akan diserahkan ke KPU RI, kemudian akan memplenokan. Baru pada Februari 2018, dilakukan pengumuman partai-partai yang bisa mengikuti Pemilu 2019. Jadi tahapan ini merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Pemilu 2019,” tutupnya. (bos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here