Instagram. (int)

BEBERAPA tahun terakhir, perkembangan internet sangat terbilang pesat dan telah mengubah banyak kebiasaan manusia di dalam kehidupannya. Internet bukan lagi digunakan sebagai tempat mencari informasi, bermain game, atau sekedar berkomunikasi dengan teman, tapi lewat internet kita juga bisa menghasilkan uang. Salah satunya dengan menggunakan media Instagram.

Instagram sudah sangat populer belakangan ini. Selain digunakan sebagai sarana untuk berbagi foto, para penggunanya juga memanfaatkan Instagram sebagai tempat berbisnis. Baik tingkat pemula hingga brand-brand yang telah besar juga menggunakan Instagram untuk mempromosikan dan menjual produk mereka.

Untuk berjualan di Instagram Anda membutuhkan teknik juga strategi jitu untuk menarik minat calon pelanggan. Berikut cara berjualan di Instagram agar laris manis:

1. Buat Akun Khusus Jualan
Bila sebelumnya Anda hanya berjualan di Instagram menggunakan akun pribadi, ada baiknya sekarang Anda membuat akun dan beri nama dengan produk yang Anda jual, atau nama yang pas untuk toko online Anda.

2. Mencari Banyak Followers
Setelah akun sudah dibuat dan sudah siap. Sekarang saatnya Anda memperbanyak jumlah followers yang Anda miliki. Langkahnya yang pertama adalah Anda harus mencari akun yang berjualan produk sama dengan yang Anda jual, dan akun tersebut memiliki followers yang banyak. Jika sudah Anda bisa mem-follow followers akun tersebut secara bertahap, jangan lebih dari 1000 per hari agar akun Anda tidak terkena banned.

Bila following Anda sudah mencapai angka tersebut maka segera kunci Akun Anda, dan membuat privacy. Dengan mengunci akun akan lebih membuat orang yang akan melihat jadi penasaran dengan akun Anda, dan kemungkinan mereka akan mem-follow akun Anda karena penasaran dengan produk yang Anda jual.

3. Upload Foto dan Buat Semenarik Mungkin
Di saat akun Anda masih dalam keadaan tergembok, manfaatkan dengan meng-upload foto-foto yang Anda jual sebanyak-banyaknya. Tapi sebisa mungkin jangan mengambil foto dengan smartphone. Anda harus memotretnya dengan bagus dan di tempat yang tidak minim cahaya.

4. Beri Diskon atau GiveAway
Pastikan jika barang yang Anda jual harganya lebih murah dibandingkan dengan akun kompetitor. Dan produk yang Anda upload pastikan mencantumkan harga lama, dan ada harga barunya di bawah. Jangan lupa untuk mencoret harga lama, karena kebanyakan para pengguna lebih tertarik dengan coretan harga.

5. Unfollow
Jika followers Anda sudah mencapai 50 ribu, sekarang saatnya Anda meng-unfollow akun-akun yang tidak aktif, maupun akun yang tidak mem-followback Anda.

6. Beralih ke Akun Bisnis
Anda patut merubah akun online shop anda menjadi akun bisnis. Dengan beralih ke akun bisnis, akun online shop Anda akan lebih terlihat profesional dan membuat calon pelanggan Anda lebih yakin dan ingin membeli produk yang anda jual dan tawarkan.

7. Pasang Iklan, Endorse, dan Paid Promote
Anda bisa mencoba memasang iklan di akun-akun dengan jumlah followers banyak. Misal akun artis atau model. Anda bisa menghubungi mereka. Biasanya mereka menaruh kontak yang bisa dihubungi pada bio mereka, atau Anda bisa mengirimkan DM pada mereka.(bos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here