OBJEK Wisata di Provinsi Riau sangatlah beragam, mulai dari wisata bahari, alam, sejarah, kuliner dan juga wisata budaya. Wisata bahari tak pelak bertebaran di provinsi ini karena lokasi Provinsi Riau yang berada di tepi Selat Malaka. Wisata alamnya juga tidak kalah memukai jika dibandingkan dengan provinsi lainnya yang ada di Sumatera. Belum lagi dengan wisata sejarah, kuliner dan juga wisata budaya yang juga cukup menarik untuk kita ketahui. Provinsi yang memiliki sejarah panjang dan juga multi etnis ini sudah bisa dipastikan banyak sekali cagar budaya yang sangat menarik yang tersimpan di Provinsi Riau.

Ada 12 kabupaten di Provinsi Riau yang hampir semuanya memiliki destinasi wisata yang menarik, unik, dan juga eksotis. Sebagian besar tempat wisata di Riau bahkan belum dieksplore dan masih banyak yang belum mengetahui karena lokasinya yang masih tersembunyi.

Berikut ini sekelumit informasi tempat-tempat wisata menarik yang ada di Riau, dimulai dari Kabupaten Bengkalis, sebuah kabupaten yang terdiri dari beberapa pulau yang lokasinya di wilayah timur Sumatera berhadapan langsung dengan Selat Malaka. Kabupaten yang dijuluki Negeri Junjungan ini sangat kaya akan potensi wisata bahari selain wisata alam dan budaya juga cukup menawan untuk kita nikmati.

Pantai Rupat Utara
Inilah surga tersembunyi yang dimiliki Kabupaten Bengkalis, tepatnya berada di Pulau Rupat bagian utara. Garis pantainya yang cukup panjang, pasirnya yang putih bersih, gradasi hijau ke biru air lautnya benar-benar memukai setiap wisatawan yang datang. Di tempat wisata ini wisatawan juga bisa menikmati berbagai macam kuliner seafood dengan harga yang cukup murah. Atau membelinya langsung dari nelayan dengan harga sangat murah.

Pantai Selat Baru

Pantai Selat Baru

Obyek wisata bahari andalan Kabupaten Bengkalis berikutnya adalah Pantai Selat Baru. Pantai ini memang dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah. Dan berbagai aspek juga diperhatikan untuk menarik minat para wisatawan. Dan salah satunya adalah seringnya diadakan event tradisional di Pantai Selat Baru. Salah satunya adalah lomba layang-layang, lomba sampan layar, dan lain-lain. Jadi sangat wajar memang jika tempat wisata yang berlokasi di di Desa Selat Baru, Kecamatan Bantan ini sering dikunjungi wisatawan.

Balai Adat Melayu Bengkalis

Balai Adat Melayu Bengkalis

Tempat wisata ini menjadi salah satu andalan Kabupaten Bengkalis, terutama untuk wisata edukatif. Wisatawan dapat mempelajari budaya dan sejarah Melayu di kabupaten yang dikenal dengan makanan Lempuk Durian ini. Arsitektur bangunannya mencerminkan rumah adat Melayu Bengkalis yang terlihat pada ornamen maupun ukiran yang ada pada kayunya. Lokasi wisata Balai Adat Melayu Bengkalis ini berada di pusat Kota Bengkalis, tepatnya di Jl. Gatot Subroto.

Hutan Lindung Bukit Batu

Hutan lindung Bukit Batu

Tempat wisata ini sangat unik, ekowisata yang digabungkan dengan konservasi hutan dan juga adventure. Hutan gambut yang berada di Kecamatan Bukit Batu ini memiliki air sungai yang cukup jernih dan juga dihuni cukup banyak ikan tawar. Banyak wisatawan yang datang memang untuk memancing ikan tawar. Wisatawan bisa mengitari hutan gambut dengan menyewa perahu motor miliki warga desa setempat.

Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut

Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut

Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut termasuk objek wisata sejarah yang paling sering dikunjungi wisatawan. Bahkan wisatawan dari Malaysia dan juga Brunei Darussalam sering ziarah di Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut. Silsilah dari Datuk Laksamana ini berasal dari Negeri Siak yang memiliki keturunan seperti Kesultanan Deli, dan Datuk Laksamana di Riau. Lokasi Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut ini berada di Bukit Batu.

Masjid Istiqomah

Masjid Istiqomah

Satu lagi andalan destinasi wisata Kabupaten Bengkalis, khususnya wisata religi adalah Masjid Istiqomah. Gaya arsitektur masjid ini perpaduan antara Timur Tengah dengan Melayu, maka jadilah masjid yang sangat megah. Pada awalnya pembangunan Masjid Istiqomah ini sangatlah susah karena dibangun di atas tanah gambut yang cukup gembur. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here