RIAU tidak lebih terkenal soal wisata dibandingkan provinsi-provinsi tetangganya seperti Sumatera Barat (Sumbar) dan Kepulauan Riau (Kepri). Eksotisme tempat-tempat indah di Sumbar seperti Kelok Sembilan, Danau Singkarak, Dana Maninjau, Bukittingi atau tempat eksotik di Kepri macam Anambas, Bintan, Natuna, Lagoi dan lain-lainnya, seolah menenggelamkan spot-spot menarik di Riau.

Meskipun secara pamor mungkin tidak setenar tetangga sebelah namun Riau sebenarnya punya banyak tempat oke yang patut dikunjungi.

Berbeda dengan kepulauan Riau yang secara geografis berbentuk pulau-pulau yang secara otomatis menawarkan pantai dan laut, di Riau lebih variatif dan lengkap. Semua jenis destinasi oke bisa didapatkan di tempat ini. Mulai air terjun sampai dengan sungai eksotis. Riau aslinya benar-benar tak kalah kalau harus bersaing dengan Kepulauan Riau.

Nah, membaca bagian pembukaan di atas kamu mungkin sudah penasaran dengan apa-apa yang dimiliki Riau. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata oke yang bisa kamu dapatkan di provinsi satu ini.

1. Eksotisme Air Terjun Aek Martua
Jika kamu bertanya kepada orang-orang Riau tentang tempat wisata yang paling asyik di sana, mungkin jawabnya yang bakal didapatkan adalah Aek Martua. Tempat ini adalah spot air terjun yang boleh dibilang paling terkenal di sana. Alasannya hanya satu. Ya, indahnya tak karuan.

Air terjun Aek Martua

Berbeda dari air terjun kebanyakan yang langsung mengucur dari atas ke bawah, Aek Martua ini bentuknya bertingkat-tingkat. Jadi, air nggak langsung drop, melainkan menuruni satu level ke level berikutnya. Awesome pokoknya! Untuk mengunjungi ini kamu langsung saja menuju Desa Tangun yang ada di Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu.

2. Ombak Bono yang Menantang
Tak hanya Aek Martua, Riau juga identik dengan Bono. Bukan, bukan si vokalis U2, melainkan nama dari ombak paling terkenal yang hanya bisa kamu dapatkan di sungai Kampar yang ada di Semenanjung Kampar, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Sungai tapi punya ombak, inilah keunikan Kampar.

Meskipun ombak terus ada setiap waktu, tapi Bono lain. Ombak satu ini muncul hanya di waktu-waktu tertentu saja. Yang membedakan Bono dan ombak lain adalah ketinggiannya. Dalam sekali bergulung, Bono bisa mencapai minimal lima meter. Dengan ketinggian ekstrem ini, tak pelak Bono sangat dicari oleh para peselancar. Bahkan para surfer kelas dunia juga pernah mencobanya.

3. Air Terjun Pulo Simo, Si Bidadari yang Tersembunyi
Pulo Simo mungkin nama yang cukup jarang terdengar bahkan mungkin bagi orang Riau sendiri. Tak heran sih karena air terjun satu ini masih belum banyak diketahui orang. Air Terjun Pulo Simo sendiri ada di Desa Tanjung Alai, Kabupaten Riau.

Banyak hal yang menarik dari air terjun satu ini. Pertama ada aksesnya yang amat mudah, hanya butuh 2 jam saja dari Pekanbaru kemudian lanjut dengan rute yang enteng, kita pun langsung bisa menikmati keindahannya. Hal menarik lainnya ya tentu saja air terjun Pulo Simo sendiri. Ia hanya terdiri satu tingkat saja, tapi indah luar biasa. Kita bisa tuh berenang di sekitar air terjunnya. Tak hanya itu, nuansa alami juga sangat bisa kita rasakan di sana. Benar-benar oke untuk refreshing dan membuang semua kepenatan yang terkutuk itu.

4. Guruh Gemurai, Air Terjun yang Menawan
Soal air terjun kita memang bisa mengandalkan Riau sebagai destinasi. Tidak hanya Pulo Simo dan Aek Martua, masih ada satu lagi air terjun di provinsi ini yang indah tak karuan. Ya, namanya adalah Guruh Gemurai. Terletak di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Riau, air terjun ini menawarkan banyak keindahan yang tiada duanya.

Air terjun Guruh Gemurai

Sama seperti Aek Martua, Guruh Gemurai adalah tipe air terjun yang bertingkat. Setidaknya ada dua tingkat di sini yang masing-masing menawarkan hal yang berbeda. Curahan pertamanya begitu tinggi hampir 20 meteran. Di sekitarnya nampak dingin dan hijaunya dinding-dinding batu yang siap bikin otak kita langsung adem. Selanjutnya adalah curahan kedua yang mana kita bisa mandi di sini. Menikmati air segar sambil melihat pemandangan di atas sana, sungguh jadi hal yang tak bisa digantikan dengan apa pun.

5. Danau Lembah Sari  Membuat Jatuh Hati
Satu lagi tempat paling hits di Riau yang jangan sampai kamu lewatkan kalau ke sana. Ya, tempat ini adalah Danau Lembah Sari. Danau ini buatan alias tidak dibuat oleh alam, tapi apa yang disajikan di sana bakal membuatmu berpikir ini seolah bukan buatan manusia. Begitu indah dan luar biasa. Nah, bicara soal aktivitas, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini.

Kamu bisa hanya dengan duduk-duduk di pinggir sambil menikmati pemandangan luar biasa di sini. Bisa juga dengan eksplor langsung ke dalamnya dengan cara main perahu, bersepeda air, atau bahkan berenang. Malas kena air tapi pengen stay close dengan si Lembah Sari? Bisa dengan mancing. Ikannya banyak lho dan monster-monster katanya.

Riau mungkin sering terlewatkan oleh mata. Tapi, nyatanya tempat ini menawarkan banyak hal yang indah. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here